Cara setting header tags robots.txt

Cara setting header tags robots.txt - settingan header tags robots.txt sangat penting untuk di gunakan sebagai salah satu optimalisasi sebuah blog, artikel ini melanjutkan pembahasan dari cara setting custom robots.txt. Semenjak blogger memberikan fitur search preferences yang ada pada halaman dashboard, sekarang untuk optimasi SEO yang berplatform blogger jadi makin gampang serta flexibel. Optimasi SEO tentunya tidak akan seutuhnya bergantung pada pengaturan meta tag yang ada pada dokumen html template, oke langsung saja ane gak mau banyak basa basi cekidot: 

Cara setting header tags robots.txt

Fitur ini sangat mungkin agan untuk mengontrol dari masing-masing halaman mesti diindeks serta di sajikan pada pengguna oleh mesin pencari. Di bawah ini gambar cara setting header tags robots.txt yang ane gunakan :
header tags robots.txt
Pengaturan yang tertera diatas akan memberi tahu mesin pencari agar mengindeks seluruh isi dari blog agan, dari mulai postingan sampai halaman homepage tetapi melarang mesin pencari untuk mengindeks gambar yang berada pada halaman homepage dan tidak mesti mengindeks arsip.

Memahami cara setting header tags robots.txt


Agan bisa melakukan settingan header tags robots.txt ini ke tingkat advance, tetapi pada mulanya mesti dipahami maksud dari pemakaian option ini, di bawah ini yaitu pengertian simpel dari option yang ada pada fitur header tags robots.txt blogger.

All 
Mengijinkan mesin pencari agar mengindeks semua halaman serta isi sebuah blog.

Noindex 
Melarang mesin pencari untuk menampilkan halaman ini pada hasil pencarian dan tidak memperlihatkan cached link didalam hasil pencarian.

Nofollow 
Tag ini melarang mesin pencari agar mengikuti link di halaman ini.

None 
Tag ini seperti halnya dengan tag noindex, nofollow.

Noarchive 
Melarang mesin pencari untuk memperlihatkan cached link pada hasil pencarian.

Nosnippet 
Melarang mesin pencari untuk memperlihatkan potongan deskripsi blog pada hasil pencarian untuk halaman ini.

Noodp 
Tag ini melarang mesin pencari memakai metadata dari open directory project dari judul atau potongan yang ditampilkan untuk halaman ini.

Notranslate 
Search engine tidak diizinkan untuk menawarkan terjemahan dari halaman ini didalam hasil pencarian.

Noimageindex 
Gambar yang ada pada halaman ini, tidak diizinkan untuk diindex oleh mesin pencari.

Unavailable after
Halaman tak lagi ditampilkan pada hasil pencarian sesudah tanggal/waktu yang ditetapkan. tanggal/waktu mesti ditentukan didalam format rfc 850.

Pastinya agan sekarang udah ngertikan? Demikianlah pembahasan cara setting header tags robots.txt semoga ini membawa manfaat bagi kita semua. Pembahasan ini adalah berupa tips dari beberapa master SEO, jika agan menemukan settingan yang lebih baik dari ini ane pribadi tidak menutup untuk shering dan bertukar informasi agar blog yang kita bangun semakin optimal.

3 Responses to "Cara setting header tags robots.txt "

  1. gAn kAlo kItA AktIfIn noIndex hAlAmAn kItA gk bAkAlAn kelIAtAn dunk???

    BalasHapus
  2. ini settingan blogspot ya?
    keren artikelnya sob, saya baru tahu kalau sekarang di blogspot bisa dengan mudah setting robots.txt,

    jika berkenan ditunggu kunjungan baliknya di blog saya http://www.arie.pro/blog, saya pun pernah menulis artikel seperti ini namun khusus untuk website dan wordpress, bukan untuk blogspot.

    salam kenal!

    BalasHapus
  3. Makasih sob atas sharingnya...
    di tunggu kunjungannya sob....

    BalasHapus