Cara membuat link di blogger jadi nofollow

Cara membuat link di blogger jadi nofollow - seberapa pentingkah membuat link di blogger jadi nofollow khususnya untuk link eksternal? ini adalah artikel kelanjutan dari sharing kita sebelumnya yang mengupas tuntas tentang masalah yang terjadi pada read more page di blogspot. Sebelum lebih jauh kita membahas cara membuat link eksternal di blogger jadi nofollow mari kita simak dulu apa sih yang dimaksud dengan link nofollow dan link eksternal itu.

Nofollow yaitu sesuatu tag dari atribut rel buat menginstruksikan search engine layaknya google buat tidak mengindeks link yang mengarah ke sesuatu halaman atau website lain. pemakaian nofollow ini ditujukan buat mencegah terjadinya spam di mesin pencari salah satu contohnya pada komentar situs (blog). Sementara untuk link eksternal yaitu link yang mengarah ke halaman atau website lain di luar situs (blog) kita. 

Contoh script untuk membuat link eksternal di blogger jadi nofollow

<a href="http://tipsseountukpemulablog.blogspot.com" rel="nofollow">Blogger</a>

Bila sebuah link diberikan tag rel nofollow di belakangnya jadi mesin pencari tak lagi mengindeks link tersebut atau tidak diberikan backlinks ke link tersebut. robot search engine cuma akan mengindeks artikel kita tidak termasuk link eksternal-nya. menambahkan tag rel="nofollow" ini menjadikan sebuah blog agar lebih seo friendly dan tetap terjaga dengan baik serta perihal ini bikin situs (blog) agan tampil optimal di mata search engine layaknya google. 

Cara membuat link eksternal di blogger jadi nofollow


Buat pengguna blogger.com atau blogspot sendiri telah ada fitur memberikan tag rel nofollow saat bikin link di waktu membuat artikel. buat lebih jelasnya agan bisa lihat gambar di bawah ini : 
link eksternal di blogger jadi nofollow
Centang saja Add "rel=nofollow"

Cara membuat semua link eksternal di blogger jadi nofollow


Tidak hanya cara diatas untuk membuat link nofollow, agan juga bisa membuat semua link eksternal di blogger menjadi nofollow secara otomatis, berikut ini langkah-langkah yang bisa agan lakukan :

1. Login ke akun blogger.com
2. Pilih Template kemudian Edit HTML
3. Jangan lupa centang Expand Template Widget
4. Cari kode </head> Lalu simpan kode berikut di atasnya:

<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){var a=jQuery(this).attr('href');if(typeof a!='undefined'&&a!=""&&(a.indexOf('http://')!=-1||a.indexOf('https://')!=-1)&&a.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("rel","nofollow")}});
]]>
</script>

5. Simpan template.

Sampai disini tentunya agan sudah mengerti bukan? Nah itulah cara membuat link eksternal di blogger jadi nofollow semoga ini dapat bermanfaat jika ada yang kurang di mengerti silahkan tanyakan saja tentunya dengan cara berkomentar. 

2 Responses to "Cara membuat link di blogger jadi nofollow"